Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku Bangsa

Posted on

Sekilas Tentang Tato Kata “tato” berasal dari kata Tahitian / Tatu, yang memilki arti : menandakan sesuatu. Rajah atau tato (Bahasa Inggris: tattoo) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara rajah pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.

Rajah merupakan praktik yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Rajah digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar (lukisan) pada bagian (anggota) tubuh.

Di zaman saat ini sebagian besar penduduk laki-laki memiliki tato, kami memutuskan untuk melihat lebih dalam popularitas bentuk yang paling populer dari seni tubuh ini, yaitu melalui tato suku pedalaman. Sebagian besarnya dimiliki laki-laki karena lebih menonjolkan karakter fisik laki-laki, berikut adalah 16 tempat tato suku pedalaman itu berasal.

Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku Bangsa

1. Tato suku Maori

2 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaMaori adalah suku pribumi Polinesia yang dapat dijumpai di Selandia Baru. Seni tubuh tradisional mereka disebut moko, yang lebih dikenal sebagai tato Maori. Karena Maori menganggap kepala adalah bagian tubuh yang paling suci, maka jenis yang paling populer dari tato Maori adalah tato wajah, yang terdiri dari bentuk melengkung dan pola spiral yang juga dimiliki oleh Mike Tyson. Seringkali tato tersebut menutupi seluruh wajah, dan merupakan simbol pangkat, kekuasaan dalam status sosial, dan gengsi.

2. Tato suku Celtic

3 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato Celtic didasarkan pada karya simpul, dengan bentuk spiral membingungkan dan pola rumit yang digabungkan dengan bentuk-bentuk hewan, manusia dan organik. Tato Celtic yang paling populer adalah salib Celtic, yang pada dasarnya adalah sebuah salib Latin dengan lingkaran yang mengelilingi pusatnya. Tato ini dimiliki oleh beberapa tokoh terkenal seperti Wayne Rooney, Robbie Williams dan Sport Spice Melanie C, salib Celtic adalah favorit dari para selebriti.

3. Tato suku Samoa

4 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaKata tato itu sendiri dikatakan berasal dari kata suku Polinesia, tatau. Pada zaman dulu, orang-orang Samoa membuat tato di bagian tubuh mereka untuk membedakan diri dari klan lain. Saat ini, tato Samoa merupakan aksesori fashion, melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Aktor dan mantan pegulat The Rock memiliki tato Samoa di lengannya. Tato kontemporer Samoa dibuat pada bagian tangan, kaki atau dada, tapi desain tato tradisional dibuat mulai dari lutut sampai ke pusar.

4. Tato di budaya Jepang

5 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaPada akhir abad 19 dan awal abad 20, pemerintah Jepang melarang pembuatan tato karena memiliki konotasi dengan para kriminal. Pembuatan tato kemudian dilakukan diam-diam hingga dilegalkan kembali pada 1948. Tato tradisional orang Jepang diasosiasikan dengan mafia Jepang, namun baru-baru ini gambar naga atau ikan koi yang merupakan tato asli bangsa Jepang, kembali mendapatkan tempat di hati masyarakat.

5. Tato suku Polinesia

6 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato Polinesia dianggap sebagai mahakarya dari dunia tato. Dengan bentuk yang sangat berani seperti gelap dan geometris, setiap garisnya sangat terhubung sempurna. Bentuk seperti lingkaran, semi lingkaran, segitiga dan segi enam membentuk pola lengkap dan kohesif. Tato tersebuttetap dalam warna monokrom, tanpa percikan lain yang diperlukan kecuali hitam dan abu-abu.

6. Tato suku Hawai

7 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato dari suku Hawai dianggap sebagai karya seni yang paling hebat dan menjadi populer baru-baru ini. Tato tersebut dibuat dengan presisi yang sempurna dan membutuhkan keahlian seorang pembuat tato untuk membuatnya. Desain tato suku Hawai melambangkan dewa dan dewi suku mereka, demikian juga dengan binatang yang penuh harapan dalam budaya suku Hawai. Gigi hiu , , , .

7. Tato di budaya Filipina

8 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato memiliki sejarah yang panjang di Filipina. Tato tersebut dimiliki oleh berbagai suku dan merupakan sumber pencapaian dan status. Ksatria membuat tato mereka di dada dan kepala untuk menunjukkan kekuatan, sementara beberapa suku membuat tatonya pada bagian tubuh yang lebih spesifik. Bagiwanita Filipina, tato melambangkan kecantikan.

8. Tato suku di Afrika

9 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaBeragamnya suku di Afrika membuatnya sulit untuk menentukan gaya yang ada pada karya tato dari benua itu. Namun hirarki suku, lokasi geografi, perlindungan spiritual, dan bagian dari upacara adat merupakan alasan yang kuat dari pembuatan tato di seluruh Afrika, baik dulu maupun sekarang. Segala macam hewan, tumbuhan, dan roh leluhur yang dilambangkan dalam sejarah tato Afrika, diwujudkan tidak hanya melalui tato, tetapi juga melalui lukisan tubuh, penyembuhan dan skarifikasi.

9. Tato suku Aztec

10 1 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato suku Aztec merupakan yang tertua dalam sejarah pembuatan tato, namun kepopuleran tato tersebut selalu bersinar bahkan berabad-abad setelahnya. Berasal dari Meksiko, akar dari pembuatan tato itu berasal dari abad ke-14 ketika tato Aztec digunakan sebagai simbol pengabdian masyarakat kepada Tuhan mereka. Kuil Aztec, penjaga jiwa, topeng dan ular merupakan fitur kunci dari desainnya.

10. Tato suku di India

11 - Seni Tato yang Artistik di Berbagai Suku BangsaTato tradisional India yang dibuat dari daun henna memiliki warna yang tidak bertahan lama, tato ini sebagian besar dimiliki oleh wanita dan anak perempuan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman. tato tradisional India berubah menjadi karya seni tato modern dengan desain masa kini dengan tinta permanen. Para dewa India, wajah laki-laki dan wanita suku, simbol suci dan naskah Hindu (seperti tato yang dimiliki David Beckham yangbertuliskan ‘Victoria’) adalah desain yang sangat populer dari tato India.

Sumber: www.kaskus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *