7 Cara Merawat Tattoo / Tato Yang Masih Baru

Posted on

Selamat anda baru saja mendapatkan tattoo di tubuh anda, terus apa yang Anda akan lakukan selanjutnya?, tentu saja merawat tattoo baru itu sebaik mungkin! Sebagai seorang pecinta seni tattoo / tato, Anda perlu menyadari dari beberapa hal yang dapat mengubah sebuah karya seni yang indah ini menjadi berantakan dan mengecewakan. Minggu pertama penyembuhan dari setelah anda mendapat tato sangat penting, janganlah kecerobohon yang anda buat merusak segalanya, jadi mari kita lihat beberapa hal yang harus dihindari selama waktu itu.

tips tato

7 Cara Merawat Tattoo / Tato Yang Masih Baru

1. Over / Under-Caring

Anda mungkin tidak menyadari, tapi ada garis tipis antara kelewat peduli (Over Caring) dan kurang peduli (Under-Caring) dalam merawat tato baru Anda. Setelah perban di angkat, Anda harus berhati-hati mencuci tato baru Anda dengan antibakteri, aroma bebas sabun & air panas. Ketika Anda keluar kamar mandi, pastikan tidak menggosok tato Anda dengan handuk. Biarkanlah kering sendiri.

luka tato
Setiap tattooer memiliki metode yang berbeda untuk menyembuhkan tato mereka, dan ini benar-benar karena trial and error. Jika anda memilih lotion atau salep untuk proses penyembuhan, ada baiknya memilih produk yang di anjurkan oleh tato artis (pembuat tato) yang telah berpengalaman, karena penggunaan lotion yang sembarangan justru akan membuat kulit yang ditato menjadi iritasi dan lebih parahnya menjadi infeksi. Para tato artis banyak merekomendasikan salep lotion yang sudah terbukti khasiatnya, seperti Aquaphor, Lubriderm, After Inked dll produk tersebut merupakan merk luar.

2. Atur Posisi Tidur

Jadi, jika anda tattoo anda di bagian belakang, posisi tidur anda harus tengkurap dalam beberapa hari kedepan. Atau bisa juga menggunakan handuk yang bersih dan halus di antara kulit yang di tato dengan alas tempat tidur, untuk meminimalisir gesekan yang terjadi, yang akan membuat luka di kulit menjadi iritasi. Jika waktu bangun pagi handuk yang digunakan nempel pada kulit, jangan lngsung mencabutnya, bawalah ke kamar mandi dan basahi dengan air dingin, sehingga lebih enteng untuk mencabutnya, dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada tato anda.

Baca Juga :  15 Foto Tato Wanita Simple dan Keren

3. Hindari Sentuhan

Tangan kita atau tangan teman, pacar, keluarga, anak-anak, dan hewan peliharaan sering kali secara tak sadar tau di sengaja menyentuh tattoo baru anda, hal ini harus anda hindari, karena anda tak tau kalau tangan yang menyentuh tattoo anda telah dihinggapi kuman atau bakteri yang bisa menimbulkan masalah yang serius. Menjaga kesterilan tattoo baru anda adalah aturan number one yang harus anda prioritaskan.

4. Kurangi kontak dengan Air

Selama dua minggu tahap penyembuhan, anda harus meminimalisir bersentuhan dengan air, tapi bukan berarti dalam dua minggu anda tidak bisa mandi, tentu saja bisa, tapi jangan merendam tattoo baru anda dalam air delam waktu yang lama. Sebaiknya hindari mandi di tub, hot tubs, kolam renang, apalagi mandi di pantai. karena tempat mandi publik seperti kolam renang terdapat bakteri dan kuman yangdapat membuat iritasi.

5. Hindari dari Sengatan Matahari

Sunblock merupakan produk yang tidak dianjurkan untuk luka, termasuk pada tato baru anda. Anda akan merasakan tattoo baru anda seperti terbakar waktu terkena sinar matahari, dengarkan kata tubuh anda, jika tattoo anda terasa panas dna teriritasi, sesegera mungkin hindari sinar matahari, keep it save.

Baca Juga :  Sejarah Tattoo, Dari 1900 Hingga Saat ini

6. Jangan Menggaruk

Rasa gatal akan timbul selang beberapa hari setelah proses pentatoan, hal ini merupakan proses yang normal, itu berarti tubuh anda sedang dalam masah penyembuhan. Dan jangan sekali-kali anda menggaruknya karena akan berakibat buruk, jika rasa gatal tak tertahankan, anda bisa mnggaruk di pinggiran saja untuk meminimalnkan rasa gatal itu.

7. Jangan Segan untuk Bertanya

Seorang tato artis yang perofesional akan melakukan segala sesuatunya dengan baik, tak terkecuali setelah dia selesai mengerjakan tato baru pada konsumen. Jika terjadi sesuatu yang buruk pada tato anda, misalakn terjadi iritasi, sesegera mungkin bertanya ke tato artis, atau bila perlu langsung saja ke dokter kulit.

Dan itulah beberpa tips yang dapat anda lakukan agar tattoo / tato baru anda tidak rusak. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, terima kasih. Jika berkenan silahkan share link blog ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *